468x60 Ads

Definisi Plasma

Apa sih Plasma Itu???

Plasma adalah gas yang terionisasi, artinya gas tersebut sudah kehilangan elektronnya. Kita tahu bahwa sebuah unsur terdiri atas elektron dan nukleus (yang terdiri atas proton dan neutron). Dalam zat padat, atom-atom terikat satu sama lain membentuk molekul, yang masing-masing terikat dalam suatu ikatan kimia yang kuat. Pada zat padat, molekul-molekul terikat dalam ikatan kimia lemah, dan dalam gas, molekul-molekul terpisah satu sama lain tanpa adanya ikatan kimia. 

Nah dalam plasma, unsur-unsur tersebut tidak lagi bersatu membentuk molekul, dan unsur-unsur tersebut kehilangan elektron-elektronnya. Jadi dalam plasma, yang ada adalah sebuah "sup" yang terdiri atas nukleus dan elektron.

Karena plasma memiliki banyak elektron bebas, maka plasma dapat menjadi konduktor yang baik sekali. Contoh plasma adalah lampu neon atau display komputer.

Dilihat dari skemanya adalah
padat ---dipanaskan--> cair ---dipanaskan---> gas ---dipanaskan--> plasma
jadi plasma tidak masuk dalam padat/cair/gas, karena itu plasma dianggap sebagai wujud ke empat

Dan ketika ada pertanyaan apa perbedaan plasma dengan api? Maka api itu perubahan dari gas ke plasma karena klo plasma adalah gas yang terionisasi dengan sempurna tetapi api masih terionisasi sebagian. Bukti bahwa plasma adalah gas yang terionisasi yaitu plasma dapat dikendalikan dengan medan magnet dan medan listrik. seperti pada ARC reactor, ITER reactor, dan reaktor-reaktor fusi yang lain.

Maka pantaslah plasma merupakan wujud zat keempat selain padat, cair, dan, gas.

Selesai ditulis di Surabaya pada 14 November 2011
Oleh Supriyono

2 komentar:

{ SAVE ENERGY INFO } at: 12 Maret 2012 pukul 16.44 mengatakan...

kunjungi
http://saveenergy-info.blogspot.com/

{ Red } at: 6 Januari 2017 pukul 17.58 mengatakan...

Keren banget bro.. terima kasih atas artikelnya. sangat membantu. (Y)

Posting Komentar

Barokallah . .

 
Hi-Tech Hydrogen Plasma © 2011 Theme made with the special support of Maiahost for their cheap WordPress hosting services and free support.