468x60 Ads

Perkembangan Riset Fusi Dingin

Bagi sebagian kalangan, fusi dingin merupakan berita jadul. Memang pada kenyataannya, riset fusi dingin sudah hilang pamornya hanya sesaat setelah penemuannya pada tahun 1989. Pada waktu itu, fusi dingin memang diberitakan sebagai sumber energi alternatif baru dan penanda awal datangnya era baru. Namun, ketika para ilmuwan gagal untuk mereka ulang hasil yang sama dengan eksperimen awal, fusi dingin berakhir menjadi suatu ilmu yang hilang legitimasinya. Para ilmuan kemudaian berusaha meneliti bentuk-bentuk lain dari fusi dingin serta cara yang lain untuk menciptakan energi alternatif melalui metode lain yang berbeda dari yang sebelumnya. Namun demikian, hasil daripada riset tersebut selalu menemui jalan buntu dan kegagalan yang terus menerus seperti riset-riset fusi dingin seperti pada tahun 1989.


Reputasi buruk fusi dingin dikalangan para ilmuwan terus berlanjut sampai akhir-akhir ini setelah Andrea Rossi dan rekannya SergioFocardi muncul ke permukaan dengan penemuan E-Cat.  Yang di maksud adalah memasukan reaksi fusi dari nikel hidrogen ke dalam kapsul dan menyimpan energi yang terciptakan dari reaksi tersebut yang kemudian akan disebar kedalam bentuk listrik. Untuk menjauhkan stigma buruk yang ditimbulkan dari fusi dingin, Rossi kemudian menggunakan istilah LENR (Low Energy Nuclear Reaction) –reaksi nuklir energi rendah-  untuk menerangkan penemuannya.  Beberapa ilmuwan yang telah melihat demonstrasi mengatakan bahwa penemuan ini merupakan awal baru dari energi alternatif namun sebagian ilmuwan lain masih belum  yakin.Namun demikian, terdapat perselisihan diantara para ilmuwan tentang penemuan ini ,apakah reaksi ini merupakan reaksi kimia atau reaksi nuklir. Sampai perselisihan pendapat ini diselesaikan, Rossi menginstruksikan kepada perusahaan yang bekerja sama dengannya, Ampenergo dan Defkalion green technologies, untuk tidak mengambil investasi dari pihak-pihak luar.

Rossi bermitra dengan perusahaanAmpenergo dan Defkalion supaya perangkat E-Cat yang dia produksi dapat dipasarkan tepat sasaran. Namun demikian, Rossi kemuadian memutuskan kerja samadengan Defkalion serta mengeluarkan pernyataan bahwa tidak ada informasi sensitif yang dibagikan dengan perusahaan tersebut dan bahwa defkalion tidak mengantongi ijin darinya untuk tetap mengembangkan teknologi ini. Tidak diketahui pasti apa penyebab dari perpecahan ini. Namun demikian, perusahaan asal Yunani ini telah memutuskan untuk mengeluarkan pernyataan mengenai kepergian Rossi.

Berdasarkan pernyataan yang dikeluarkan oleh Defkalion, mereka mengutip bahwa Rossi telah ditekan banyak perusahaan untuk menghentikan pengembangan teknologi Ecat. Organisasi-organisasi tersebut khawatir bahwa teknologi ini akan meraih kesuksesan dan merugikan investasi –investasi lain seperti investasi ke energi dari batu bara dan minyak. Diperkirakan bahwa Rossi keluar dari kerja sama dengan Defkalion karena tekanan tersebut. Namun demikian, Rossi tidak membantah ataupun membenarkan pernyataan ini.

Meskipun produksi di Yunani berakhir, sejauh yang masyarakat ketahui, kerjasama antara Rossi dan Ampenergo masih berjalan lanjar. Walaupin masih terlalu dini untuk mengatakan kapan atau apakah E-Cat akan diproduksi secara massal ke pasar. Namun menurut Rossi sendiri , 97, berbagai macam perangkat E cat beroperasi dalam skala internasional di rumah-rumah di berbagai belahan dunia. Hal ini merupakan indikasi dari kesuksesan perangkat E-Cat jika perangkat ini menerima ulasan yang baik dari para penggunannya.

Untuk berita terbaru tentang fusi dingin, dikabarkan bahwa akhir-akhir ini, Francesco Piantelli yang merupakan parter lama Rossi, yang kemudian menjadi kompetitor, sedang mengembangkan bentuk baru dari energi fusi dingin yang mungkin akan dapat bersaing dengan E-Cat jika nantinya teknologi ini dipasarkan secara global. Namun untuk saat ini, tidak diketahui apakah yang sesungguhnya sedang direncanakan oleh Piantelli. Untuk saat ini, beliau sedang dalam proses membangun perusahaannya sendiri untuk meneliti lebih lanjut tentang metode-metode fusi dingin.

Dalam konferensi pers beberapa hari lalu, dikutip bahwa Rossi mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan besar mendukung pengembangan E-Cat ( walaupun Rossi menolak untuk membeberkan nama dari perusahaan-perusahaan tersebut) dan bahwa ada perencanaan untuk membangun sebuah pabrik bertenaga 1 Megawatt di Amerika Serikat pada bulan oktober.  E-Cat tidak diliput secara luas di media dan banyak yang masih bersikap skeptis terhadap klaim tentang kemajuan besar yang dikemukakan oleh Rossi. Hanya waktu yang dapat membuktikan betapa suksesnya penemuan Rossi di masa mendatang.

0 komentar:

Posting Komentar

Barokallah . .

 
Hi-Tech Hydrogen Plasma © 2011 Theme made with the special support of Maiahost for their cheap WordPress hosting services and free support.